Senin, 28 Februari 2011

Budaya Copy Paste



Kemajuan teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir ini sangat luar biasa. Perkembangan teknologi ini menimbulkan dampak negatif dan positif. Perlahan tapi pasti melahirkan budaya baru yaitu copy paste.

Bagi blogger pemula seperti saya, copy paste adalah hal yang sering saya lakukan agar dapat menambah referensi tulisan pada blog saya. Apalagi semenjak saya masuk kuliah, terdapat satu mata kuliah yang mewajibkan setiap mahasiswa untuk memposting tulisan ke dalam blog. Jujur saja, copy paste itu merupakan suatu hal yang biasa saya lakukan. Karena disamping banyak tugas yang diberikan oleh dosen, saya termasuk orang yang tak pandai me-manage waktu kapan hrus mengerjakan tugas dan kapan waktu untuk bersantai.

Budaya copy paste sendiri memang tidak baik karena kita sudah mengambil tulisan atau karya orang lain tanpa seijinnya. Namun dalam hal yang terkadang sangat mendesak, kadang mengharuskan kita untuk melakukan copy paste. Copy paste menjadikan seseorang tersebut menjadi tidak kreatif dan tidak mengembangkan pemikirannya menjadi lebih luas. Saya pun menyadari akibat yang ditimbulkan ketika saya melakukan copy paste adalah tidak memahami secara lebih dalam materi yang saya tulis dan ternyata saya kurang kreatif. Hehehe ..

Kesimpulannya adalah saya masih harus banyak belajar menulis untuk mengembangkan kreatifitas dalam diri saya agar tidak menjadi kebiasaan melakukan copy paste karya seseorang. Karya sendiri akan lebih memuaskan hasilnya untuk diri sendiri, walaupun tulisan yang kita buat hanya sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar